Fintech Lending, Layanan Keuangan Dengan Platform Digital

Di Era Digitalisasi ini bener - bener membawa angin segar buat masyarakat luas, khususnya pelaku UMKM yang notabene tidak bisa lepas dari yang namanya Tekhnologi Digital. Hanya dengan jari kemudahan ada di depan mata. Dari jual beli, ojek online, sampai pembiayaan saja sekarang sudah merambah ke online via aplikasi, yaitu FINTECH LENDING.

Foto : Istimewa

Fintech Lending, Financial Tekhnologi Lending. Merupakan layanan keuangan berbasis tekhnologi yang aman, mudah dan murah.

Dan beruntung sekali saya mendapat kesempatan belajar bareng teman-teman blogger Solo. Event yang bertajuk Ngobrol Tempo Tentang Manfaat Ekonomi Fintech Lending. Acara tersebut diadakan di La Taverna, tempat nongkrong asyik yang berkonsep vintage.


Acara dimulai pukul 15.30 dan dimoderatori oleh bp. Tommy Aryanto selaku direktur Tempo.co
Dengan menghadirkan nara sumber :

1. Bp. Munawar selaku Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Fintech.

2. Bp. Irawan Tri Nugroho selaku Akademisi UNS

3. Bp. Sonny Ch Joseph. Selaku CEO & Founder Batumbu.

Dari pemaparan narasumber, bisa disimpulkan bahwa Fintech Lending hadir bukan lah untuk menyaingi perbankan, tapi melengkapi. Dan fintech lending ini mampu mendanai seribuan trilyun lebih dengan mudah dan cepat. Jadi gak salah kan kalau Fintech Lending ini adalah solusi tepat untuk dana cepat. Tapi karena prosesnya yang cepat, mudah jangan serta merta melakukan pembiayaan bukan karena kebutuhan. Kalau menuruti keinginan tentu tak akan ada habisnya.


Dulu, almarhumah ibu adalah seorang pedagang. Saat itu pelanggan ibu sudah lumayan banyak, tp suatu saat omzet menurun drastis karena ibu tidak bisa melayani barang yang dipesan oleh pelanggannya. Kendalanya cuma satu, dana.

Di tahun 2013 kan tekhnologi belum secanggih sekarang, perlu dana pasti larinya ke Bank. Iya kalau ada jaminan untuk melakukan transaksi pembiayaan. Nah, kalau tidak !!? Pasti larinya juga berhutang pada seseorang yang menawarkan pinjaman tanpa agunan tapi dengan bunga yang mencekik leher.


Foto : Istimewa

Dengan hadirnya Fintech Lending ini tentu kita dimudahkan dalam mencari layanan keuangan berbasi Tekhnologi Digital. Tapi kita diharapkan tidak terkecoh dengan kemudahan Fintech Lending, jangan mudah tergiur kemudahan cairnya dana tapi juga waspada pada resiko yang akan ditimbukan. Tetep waspada, jangan bertransaki di Fintech Lending illegal.

Nah, apa saja sich keuntungan memakai Fintech Lending ini.

1. Akses layanan lebih luas, menjangkau kelompok.
2. Kemudahan dan kecepatan bertransaksi
3. Lebih mudah karena mendorong efisiensi biaya yang dilakukan.
4. Aman

Sesi kedua adalah pemaparan dari Bp. Sonny Ch Joseph, selaku CEO & Founder BATUMBU.
Batumbu adalah platform Fintech Lending besutan PT. Berdayakan Usaha Indonesia, di mana ini adalah platform yang mempertemukan dua pihak. Pihak pemberi pinjaman dan penerima pinjaman melalui kemitraan strategis.


Foto : Istimewa

Visi misi BATUMBU dalam mengembangkan kapasitas untuk tumbuh, serasi sekali dengan slogan yang digadang-gadangkan, yaitu Mewujudkan Aspirasi Untuk Tumbuh.

Dan platform layanan keuangan berbasis digital satu ini cocok sekali untuk pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya. Karena BATUMBU memang hadir untuk meningkatkan kapasitas usaha para pelaku UKM agar tumbuh berkelanjutan.

Gimana, ingin memakai layanan keuangan berbasis digital yang mana ni?

Nah, di akhir sesi Ngobrol bareng Tempo.co belum afdhol kalau belum berswafoto.











Share:

2 komentar:

  1. Acaranya seru ya, Mak. Baru hits nih topik tentang fintech, bisa sangat membantu kita ke depannya buat pengelilaan keuangan. Karena apa2 emang sudah via digital

    BalasHapus
  2. Waah...sayang sekali nggak ikut acarnaya ya,seru nemen.
    Apalagi dengan topik Fintech, pas banget UMKM

    BalasHapus