Infrastruktur Transportasi Joglosemar Sebagai Perwujudan Transportasi Multi Moda

Pembangunan jalur KA Bandara International Adi Soemarmo ( BIAS ) merupakan salah satu bentuk dukungan dari Kementrian Perhubungan guna mendorong sektor pariwisata pada kawasan Joglosemar ( Jogja - Solo - Semarang )

Tentu ini membawa nilai manfaat yang berdampak pada kemajuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang pada akhirnya pertumbuhan ekonomi di Wiĺayah Yogya, Solo dan Semarang dapat berkembang pesat.

Dokumen Pribadi


Narasumber FGD | Pict. Dokpri

Merupakan kebahagiaan tersendiri buat saya ketika mendapat undangan untuk menghadiri Focus Group Discussion yang bertajuk Infrastruktur Transportasi Untuk Konektivitas Joglosemar di Auditorium Bandara Adi Soemarmo, Jumat 6 September 2019.

Turut hadir sebagai key note speaker dalam FGD ini adalah Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. Dan juga dengan narasumber yang kredibel lainnya, ada Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setyadi, Bapak Sugihardjo Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Bapak Heru Wisnu selaku Direktur Prasarana Perkeretaapian, Bapak Wendo Asrul selaku Direktur Operasional PT. Angkasa Pura, Bapak Awan H selaku  Managing Director Of Operation PT KAI, Ari Setiawan selaku Akademisi UNS dan Bapak Suwarmin selaku Pimred Solopos.

Menteri Perhubungan RI | Pict. Ditya

Acara semakin meriah dengan hadirnya kak Aviana Malik sebagai Moderator, tahu sendiri kan beliau ini adalah Presenter Metro TV yang pembawaannya tu serius tapi santai, dan cantik..... ! 😊

Aviana Malik | pict. dokpri

Selama mengikuti Focus Group Discussion ini saya langsung teringat suami yang sering menggunakan moda transportasi udara. Biasanya saya yang selalu mengantar suami ke Bandara, dengan jarak tempuh hampir 30 menit. Dengan adanya KA Bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo tentu memberi kemudahan buat masyarakat, khususnya saya. Jadi tak perlu repot² lagi ngantar suami ke Bandara. Dan tentunya ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas dan kerusakan jalan raya melalui peralihan menggunakan moda kereta api. 

Sedangkan waktu perjalanan dari Stasiun Balapan ke Bandara Adi Sumarmo ditempuh 20 menit. Dengan puncak kecepatan Solo - Balapan 75 km/jam. Kadipiro - Adi Sumarmo 80km/jam. Dan berhenti di Stasiun Kadipiro selama 2 menit.

Kereta Api BIAS ini terdiri dari satu rangkaian KRDE yang berkapasitas total 396 penumpang yang terdiri dari 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri. Dalam sehari KA BIAS ini mampu menangani 12.676 penumpang dgn jumlah perjalanan 32 trip. Fasilitas yang tersedia di dalam kereta ada USB port, AC dan TV. 

Berikut rincian Waktu Perjalanan KA Bandara Solo





Progress Kereta Api Bandara Adi Sumarmo






Ini ni penampakan KA BIAS, Semoga KA BIAS ini bisa beroperasi tepat waktu, sehingga bisa memperbanyak pilihan dalam menggunakan alat transportasi.



KA BIAS menjadi bagian moda transportasi yang menghubungkan 3 bandara, Bandara Internasional Adi Soemarmo, Adi Sucipto dan Bandara NYIA. Dan dengan bertambahnya Moda Transportasi ini, bertambah pula mutu pelayanan yang lebih baik, sehingga penikmat jasa transportasi lebih memilih angkutan umum dibanding pribadi supaya kemacetan lalu lintas dapat terurai.

Nah, begitu acara sudah selesai, saatnya berswafoto bareng pak mentri. Pokoknya dalam setiap perjumpaan belum afdhol kalau belum berswafoto...

Bersama Menteri Perhubungan RI | Doc. Pri



Bersama Aviana Malik | dok. Pri


Pict. Ditya Pandu


Mengikuti undangan Focus Group Discussion udah, semoga di Bulan Oktober nanti kita mendapat undangan lagi untuk menjajal moda transportasi yang aman dan nyaman ini..... #Ngarep pakai banget.... 😁



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar