Touring & Launching Game Working Space Pertama Kali di Indonesia

 " Wah..... ibuk bawa Predator ig..... " teriak anak lanang ketika lihat tas bertuliskan PREDATOR yang saya tentèng.

" Predator itu game terbaik hlo buk..! " serunya lagi.

Emaknya yang gak begitu paham tentang game pun hanya senyum dan mengiyakan apa yang diucapkan Si Kecil.

Di era digitalisasi ini tentu sudah wajar kalau anak jaman sekarang lebih berexplorasi terhadap hal-hal yang baru, salah satunya adalah bermain game. Dan si kecil ni ternyata sudah punya chanel youtube sendiri, dengan isi konten tentang tutorial ngegame giťu, kalau gak salah namanya Zaidan Gaming. Hmmmm.... Dan katanya pengikutnya baru 600... 😂

Meskipun sebenarnya saya lebih khawatir kalau nanti dampak dari bermain game ini susah dihilangkan, tapi kalau diarahkan ke yang lebih baik tentu tidak hanya akan menjadi user, tapi menjadi kreator yang mampu menciptakan game yang berkualitas. Siapa tahu nich industri game bisa menjadi satu sumber ekonomi baru di masa depan...

Nah, ada kabar baik nich untuk gamer di Indonesia, khususnya di Solo. Tanggal 29 November 2022 kemarin, ICE Institute bersama Acer Indonesia melalui Program mikro-kredensial Game Developer, menghadirkan Game Working Space, Pusat Pengembangan Teknologi dan Pembelajaran Game Pertama di Indonesia, yang berlokasi di Solo Technopark, Solo. 

Dok. Acer Indonesia

Hadirnya Game Working Space diharapkan dapat menjadi pusat unggulan teknologi game sebagai penunjang dalam pengembangan ekosistem game di Indonesia dari hulu ke hilir, sehingga dapat berkontribusi signifikan untuk kemajuan industri game nasional.

Peresmian Game Working Space merupakan kolaborasi ICE Institute–Universitas Terbuka dengan Acer Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui platform Kedaireka, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Solo Technopark.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ikut menghadiri dan meresmikan Game Working Space di Solo Technopark. Dalam kesempatan ini, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, juga merasakan dan menjajal langsung sarana dan prasarana di dalam Game Working Space.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta mengatakan “Kehadiran Game Working Space di Solo Technopark menjadi momentum untuk mendukung pelaku dan penggiat industri game di Indonesia. Dibukanya Game Working Space akan membawa kesempatan besar bagi talenta-talenta Game di Solo untuk dapat bergabung dan menjadi bagian untuk memajukan Industri Game nasional. Saya juga mengapresiasi komitmen yang ditunjukan Acer Indonesia, ICE Institute, dan Kedaireka dalam upaya meningkatkan kualitas game lokal serta menjadikan Solo Technopark sebagai pusat unggulan teknologi game pertama di Indonesia.”

Melalui peresmian Game Working Space ini, ICE Institute juga menghadirkan program akselerasi talenta game nasional sebagai keberlanjutan dari Program Micro-kredensial Game Developer. 

Dukungan Acer Indonesia untuk Program Akselerasi  Talenta Game Nasional

Program Akselerasi Talenta Game Nasional untuk mendukung Industri Game di Indonesia didukung penuh Acer Indonesia, lewat pengadaan Hardware gaming unggulan di dalam Game Working Space, berupa :

1 unit Predator Thronos full set

1 unit Predator Orion PC

12 unit Veriton PC

12 unit Monitor XV242Y_P

1 unit Projector BS-120P/PA

10 unit Gaming Chairs

1 unit Acer Swift 3 Ci5.

TOURING AREA GAME WORKING SPACE

Dok. Pribadi

Sebelum touring area game dimulai, kelima narasumber menekan tombol sebagai tanda bahwa Game Working Space telah diresmikan. Dan para tamu undangan bisa memulai untuk tour secara bergiliran dari group 1 sampai group 4. Dan saya masuk di group 4 karena datangnya tepat dengan kedatangan Mas Wali. 

Berikut area game yang saya kunjungi kemarin..

1. Ruang Utama

Dok. Pribadi

2. Testing Game

Dok. Pribadi

3. Ruang Produksi

Dok. Pribadi

4. Stadium Game

iffahipeh.com

5. Studio Streaming

iffahipeh.com

Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia, mengatakan “Peresmian Game Working Space di Solo Technopark hari ini merupakan wujud dari Acer dalam mendukung dan menjadi akselerator industri gaming nasional. Sebagai pemain utama di industri PC nasional, kami tidak hanya menghadirkan produk produk gaming unggulan, kami juga ingin terlibat dalam sebuah program yang dapat memajukan ekosistem industri gaming, seperti  mengakselerasi penyediaan talenta game nasional untuk mendorong kemajuan industri game di Indonesia.” 

Game Working Space pertama di Indonesia ini diharapkan menjadi fasilitas yang dapat mengakselerasi industri game Indonesia dan meningkatkan pendapatan negara dari sektor industri digital, khususnya industri game nasional.

Gimana, keren kan...., Solo Pancen Ngangenin Sakkabehe... 😍




Dan acara diakhiri dengan makan siang dan menjajal sebentar duduk di Ruang Produksi.

iffahipeh.com

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar