Servis Mesin Rasa Baru? Planet Ban Solusinya



Pernah gak motor kalian ngadat dan harus turun mesin? Saya pernah, sekali! Dan cukup sekali saja... ๐Ÿ˜

Kalau dengar kalimat turun mesin tu yang ada dipikiran adalah biaya yang mahal dan proses perbaikannya sangat lama, bisa berhari-hari. 

Bagaimana tidak, yang namanya turun mesin itu kan aktivitas servis dengan melepas mesin dari kendaraan. Pengecekan sampai bagian terdalam mesin, sehingga harus dibongkar total.

Kira-kira 8bln yang lalu, "pasangan kedua" saya yang sudah berumur 14thn ini ngadat, dan setelah dicek, awalnya bermasalah di bagian CVT. CVT kepanjangannya Continuously Variable Transmission, di mana komponen ini memiliki fungsi meneruskan putaran yg dihasilkan oleh mesin motor pada bagian roda ban, sehingga motor dapat berjalan dan digunakan berkendara. Karena pemeriksaan CVT ini membutuhkan waktu yg lama, jadi saya tinggal pulang. Teknisi akan mengabarkan via WA kalau pengerjaan sudah selesai.

Eh, 2 hari setelah servis CVT motornya ngadat lagi deh! Ternyata setelah dicek, harus ada tindakan yang namanya turun mesin. Akhirnya motor saya " mondok " selama 3 hari... ๐Ÿ™Š

Tahu gak berapa total biaya turun mesin? Biaya bongkar pasang dan ada suku cadang yang harus diganti memakan biaya sekitar Rp. 800rb.

Mungkin karena saya yang gak peka kali ya...., jadi ngambรจk motornya... Menurut teknisinya sich karena sering kelupaan ganti Oli Motor Matic. Bener juga sich....!!  Wah gak lagi deh, kapok saya.. Setelah ini saya jadi lebih aware lagi sama "pasangan kedua" saya ini... Loh kok "Pasangan Kedua?" iya dong..., selain suami, motor ini lah yang menemaniku aktivitas dari bangun pagi sampai malam...

Kata suamiku, motor kalau sudah turun mesin tu harga jual turun jauh. Tp tak apalah, saya memang gak mau menjual motor ini, karena motor ini ada kenangan tersendiri. Iya, motor ini atas nama sendiri dan beli pakai uang sendiri...๐Ÿ˜

Sekarang kalau service motor tidak menunggu kalau ada kerusakan, dan tentunya di bengkel terpercaya dong ya...

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. 

Dan ada 8 bagian yang wajib dicek saat service motor, apa aja sich...

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin


Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu ke pelanggan. Kalau setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan servis yang bagus, ya kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa saya andalkan ada di Planet Ban. Di bengkel ini, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Aja Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Jika servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget hlo... 

Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sekarang sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

Oya, karena domisiliku daerah Sukoharjo, jadi yang terdekat di Planet Ban di Songgolangit, Gentan. Berikut alamat lengkap Planet Ban wilayah Sukoharjo.

PLANET BAN PB KARTASURA

Jl Adisumarmo No 15 RT 003 RW 002 Kel Ngabean Kartasura Kec Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah 57169

Telepon : 08158708531

Jam : 09:00 - 21:00

PLANET BAN RAYA SONGGOLANGIT GENTAN

Jl Raya Songgolangit No.1 RT 05 / RW 01. Kel. Gentan, Kec. Baki, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57556, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah 57556

Jam : 09:00 - 21:00

PLANET BAN SLAMET RIYADI KARTASURA

Jl. Slamet Riyadi No, 46, RT. 01, RW. 013, Kel. Kartasura,, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah 57169

Jam : 09:00 - 21:00

PLANET BAN RAYA TELUKAN GROGOL

Jl. Raya Telukan No. 5B RT.01/01, Kel. Telukan, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah 57552

Jam : 09:00 - 21:00
















Share:

3 komentar:

  1. Samaan Mbak. Motorku juga udah tua. Tapi bersyukurnya gak pernah turun mesin. Gile ya biayanya semahal itu. Waktu awal beli motor, itu Bapak selalu wanti2 supaya rajin servis n ganti oli. Penting banget emang ya ngerawat motor. Kalo kata Bapak, jangan cuma bisa pakenya aja. ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  2. Itu yang menarik adalah servis rasa mesin baru ya mbak, tapi dengan harga yang lebih murah. Wajib dicoba ini.

    BalasHapus
  3. Gemes kalo motor ngadat. Apalagi pas lagi ada urusan penting. Makanya kita harus rajin ke bengkel ya. Rekomen banget nih Planet Ban buat merawat motor kita.

    BalasHapus